Kumbang kotoran si pahlawan bagi lingkungan.

30 Dec 2014

pahlawan lingkungan

Wujud si pahlawan lingkungan

Nama dan wujudnya mungkin jauh dari keren, tapi kumbang kotoran bisa menjadi sosok pahlawan dalam upaya melawan pemanasan global.

Menurut PBB, saat ini kita mempunyai 1,3 miliar ternak pemamah biak sapi perah dan sapi pedaging, kerbau, domba dan kambing di seluruh dunia. Keseluruhan hewan ternak ini mengeluarkan gas rumah kaca yang lebih besar daripada transportasi umum. Kohe menghasilkan 1/3 emisi global dari metana, gas yang lebih kuat dari C02.

Karena itu siapapun yang bisa membantu mengurangi pelepasan gas berbahaya patut di apresiasi. University of Helsinki pernah mengukuhkan bahwa penyelamat itu adalah kumbang kotoran. Dalam study yang di terbitkan oleh jurnal pLoS ONE, merilis laporan hasil uji coba para ilmuan terhadap kumbang kotoran. Seberapa besar gas metana yang berhasil dilepaskan. Hasilnya menggembirakan, keberadaan kumbang kotoran sangat penting dalam mengurangi polusi metana secara alamiah.

Prosesnya, tumpukan kotoran sapi yang menjadi rumah kumbang kotoran, khususnya dari species ophodius, melepaskan 40% metana lebih sedikit selama musim panas. Dibanting kotoran sapi yang sama sekali tidak dihingkapi kumbang kotoran.

Kok bisa? Kumbang kotoran hidup dengan menggunakan ling-liang didalam kotoran hewan ternak. Mereka juga meletakan telur disana, dan kelak anak-anak mereka menetas ikut memakan dan tinggal di dalam kotoran hewan ternak. Saat menggali lubang , kumbang membiarkan udara masuk dan membuat metana yang di produksi berkurang jumlahnya, karena metana dihasilkan dalam kondisi anaerobic atau tanpa oksigen. Ini berarti langsung berdampak pada atmosfir.

Namun sayangnya, pahlawan lingkungan ini tengah merosot jumlahnya. Di Finlandia, tempat studi ini dilakukan, lebih dari spesies kumbang kotoran berada dalam kondisi terancam punah atau nyaris punah.


TAGS Edukasilingkungan bloggerpecintalingkungan #SemangatNgeblog


-

Author

Search

Recent Post