Cara bikin kolam terpal budidaya lele sangkuriang

30 Dec 2014

kolam terpal sistem akuaponik

kolam terpal sistem akuaponik

yang punya kolam. hehe

yang punya kolam. hehe

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak di konsumsi oleh masyarakat. Karena selain harganya terjangkau sebagai jenis ikan air tawar. Daging ikan lele selain gurih juga mengandung protein hewani yang tinggi dibanting ikan dengan kelasnya.

Budidaya ikan lele di tingkat rumah tangga/ keluarga dapat diusahakan sendiri. Melalui pekarangan halaman sempit sekalipun tidak lagi menjadi persoalan. Caranya dengan membuat kolam terpal yang dibuat diatas tanah sehingga tidak diperlukan penggalian tanah.

Budaya ikan lele di kolam terpal mempunyai banyak keuntungan bagi pembudidaya. Karena sketsa rangkat terpal praktis dan mudah dibuat.. Soal biaya pembuatan lebih murah jika dibandingkan dengan pembuatan kolam permanen dengan cor semen. Ukuran kolam terpal dapat disesuaikan dengan lahan yang ada di pekarangan rumah. Mudah di bongkar-pasang apabila ada kepentingan penggunaan lahan yang lain. Tidak mudah kena banjir bila curah hujan tinggi. Efesiensi dalam membersihkan kolam lebih mudah

Selaiin itu yang paling penting adalah kita dapat sewaktu-waktu mengkontrol kualitas air karena manajemen air yang baik adalah kunci sukss panen budidaya ikan lele. Melakukan budidaya di kolam terpal juga menjadi upaya kita untuk menghindari kontaminasi bakteri jahat yang berasal dari tanah atau hama pengganggu lain terghadap keberlangsungan hidup ikan.

PERSIAPAN PEMBUATAN KOLAM TERPAL.

Tahap awal yang perlu di perhatikan adalah kesesuaian ukuran kolam yang ingin di buat dan luas kondisi lahan yang tersedia. Kolam terpal kecil dan sederhana dapat dibuat dengan ukuran (panjang) 2m x (lebar) 1m x (ketinggian kolam) 40cm

Tahap kedua yang perlu di perhatikan, populasi jumlah ikan yang akan di isikan di dalam kola. Ntuk ukuran tersebut, 2m x 1m x 40cm dapat diisi dengan 200-250 ekorr ikan lele.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kolam adalah:

- Terpal jenis korea biar awel. Pilihlah terpal yang berbahan tebal dan tidak keras bila terpaparr sinar amatahari. Pastikan terpal kuat dan tidak cepat regas. Bahkan lebih super lagi, pilihlah terpal yang bertekstur karet.

- Sebagai kerangka kolam dapat menggunakan bambu atau, paralon, kalau mau lebih mahal biaya dapat mengunakan besi/baja.

- Tali pengikat.

- Gunting.

- Paranet untuk atap terpal.

- Dan asbes buat alas dinding terpal.


TAGS #SemangatNgeblog #KampungAkuaponik


-

Author

Search

Recent Post