rusa-rusa istana

9 Jun 2014

Jalan. Ir. Djuanda yang ada di Bogor menjadi icon bagi masyarakat setepat dikarenakan terdapat istana kepresidenan. Yang meski hanya bisa dipandangi dari jauh, tapi toh kemegahan istana tersebut tetap terpancar maksimal.

Memang sih bukan sembarang (atau tidak banyak orang) yang bisa melihat langsung bagaimana indahnya isi istana. Tapi selain isinya, dan kemegahan arsitektur dari gedung putih itu ada hal lain loh..yang menjadi daya tarik bagi orang-orang yang melintas di sekitar jalan ini, yaitu; ratusan rusa-rusa yang terdapat di area luas halaman kediaman sang presiden.

Ditulisan ini saya bukan mau menyoroti tentang istananya, tapi kisah lain dari balik pagar istana. Bukan pula tentang rusa, tapi cerita orang-orang yang mendapat berkah dari keberadaan rusa-rusa itu. Pokoknya maha besar allah yang memberi rezeki manusia lewat jalan manapun, keberadaan rusa2 ini ternyata memberi berkah buat beberapa orang yang sengaja berjualan wortel dan kangkung dari luar pagar istana. Kepada salah satu penjual, saya sempat bertanya “bang, emang ngak ditangkep jualan disini? Si abangnya tersenyum. Dan dia bilang “enggak,teh!”.

Wortel atau kangkung untuk makan rusa disini, dijual serebuan. Porsinya seikat kangkung kecil, atau kalau worter hanya 4 batang. Kata abangnya, sehari bisa habis 2kg wortel dan 2kg kangkung. Untungnya lumayan bisa buat makan.

Jadi tidak heran jika setiap kali, kita melintasi jalan ini akan terlihat ramai orang yang sejenak turun atau sengaja ingin berfoto sambil menyuapi makan rusa dengan wortel/kangkung, tapi memang momen itu seh yang ingin di abadikan. Hingga kegiatan ini, dicatat sebagai alternatif wisata murah di bogor bagi para pelancong.

Saya yang sudah sekian kali lewat. Ceritanya baru kali ini sengaja melipir turun dari mobil untuk bisa lebih dekat dengan rusa-rusa ini. Bukan karena kurang kerjaan loh ye, tapi memang pada siang itu disepanjang jalan Ir.Djuanda lagi macet-macetnya karena di balaikota lagi ada perayaan ulang tahun Bogor, yang jatuh tepat pada 4 Juni lalu.

Alhasil jadilah saya punya satu dokumentasi pribadi. Judulnya saya namai ‘ketika saya sedang menyuapi makan rusa’. Dan yang menjadi fotografernya adalah si abang tukang jualan wortel. Hehe..

makasih abang udah difotoin :D

rusa-rusa istana

Ketika saya menyuapi makan rusa #nomnom #liputanterakhir :(


TAGS #dibalikpagaristana bogor #lovebogor


-

Author

Search

Recent Post