Review novel : Then I Hate You So

12 Jun 2012

196996e6a9d77edbcce0850f844569b5_then_i_hate_you_promo-202x300Detil buku:

Judul : Then I Hate You So
Penulis: Andry Setiawan

Genre : Romance
Kategori: Fiksi, novel asli
Tebal : 320 hlmn
Harga : Rp. 43.000
Terbit : Maret 2012

Itoyama Luca merupakan lelaki keturunan Jepang-Inggris dan terlahir dengan wajah tampan dan tubuh proposional. Ia berhasil mendapatkan kesuksesan di usianya yang baru menginjak 26 tahun. Meskipun begitu Luca adalah pribadi yang keras kepala, sedikit arogan dan egois. Luca memiliki orang kepercayaan bernama Tanaka-Ken.

Han Naran, seorang model yang namanya sedang bersinar di Korea Selatan karena berhasil menjadi brand ambassador sebuah perusahaan kosmetik terkenal korea. Karakter dia dingin kepada orang lain. Managernya, Dani adalah seorang gay tapi, Naran sangat menyayanginya sebagai seorang kakak.

Ceritanya berawal dari kejadian gempa dan Tsunami yang meluluhlantakan kawasan Jepang Timur dan membuat Negara ini kacau balau untuk beberapa minggu. Luca yang tidak terbiasa hidup susah memutuskan untuk pindah ke Korea Selatan, ketika boss dari perusahaannya bekerja sedang mencari orang untuk ditugaskan di kantor cabang mereka di korea. Luca akhirnya pindah bersama dengan Tanaka-Ken.

Han Naran menjadi seseorang yang selalu membuntuti Luca. Mulai dari twitter, ketika Luca tiba di bandara hingga Luca menginap di sebuah apartement. Naran bahkan sampai tingga di hotel depan apartement Luca selama dua minggu. Naran seperti terobsesi tehadap Luca. Tapi, kalau kalian menyangkan Naran mencintai Luca, maka itu adalah salah besar. Yang benar adalah Naran ingin membalaskan dendamnya atas kejadian 7 tahun.

Isobe Nana adalah nama kecil Naran, gadis gendut yang pandai melukis dan selalu menjadi juara di sekolahnya. Itoyama Luca dan seorang sahabatnya bernama Kenzo menjadi peringkat dibawahnya. Karena merasa tidak terima, Nana di ancam agar tidak boleh mendapatkan nilai tertinggi lagi di sekolah pada smester depan. Caranya yaitu dengan membuat Nana jatuh cinta dan mengencaninya.

Sementara itu, peristiwa yang menjadikan Nana lebih hancur terjadi. Program beasiswa yang tengah diikutinya dalam bidang seni lukis harus pula kandas. Disekolah, selain Nana ada juga Kenzo yang menjadi rivalnya untuk memperebutkan beasiswa itu. Namun, sekolah hanya akan memilih satu orang untuk menerima beasiswa untuk perwakilan di sekolahnya. Suatu hari pada saat Nana akan melanjutkan lukisannya yang sudah hamper selesai untuk program beasiswa. Ia mendapati lukisannya hancur dan tercabik-cabik. Berita yang ia dengar, Luca-lah yang menghancurkan lukisan tersebut. Nana depresi atas semua kegagalannya. Lalu ia memilih untuk move on dan pindah ke Korea dan dikemudian hari ia meniti karir menjadi model hingga akhirnya mencapai kesuksesan.

Hingga kini 7 tahun berlalu, namun dendam dalam hati Nana masih tersimpan untuk Luca. Lalu, Naran menyusun cara untuk menjatuhkan Luca dan menghancurkannya seperti dia dulu pernah hancur. Lantas, ia menfitnah Luca dimana Luca dituduh telah menyebarkan rahasia perusahaan di tempatnya bekerja. Hukuman terberat jika itu diketahui banyak orang ialah Luca akan di pecat dari perusahaannya.

Luca yang kini tinggal di Korea kemudian diam-diam jatuh cinta pada seorang model cantik dan dinilainya cerdas. Model itu tidak lain dan tidak bukan ialah Naran. Dan Naran menerima perasaan cinta itu. Walaupun tidak lama, Luca akhirnya benar-benar dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja. Tapi, itulah yang selama ini di kehendari Naran. Membuat Luca jatuh cinta padanya dan menghancurkan sisi kehidupannya yang lain. Persis seperti kejadian yang pernah ia alami pada 7 tahun silam.

Namun, disinilah kejutan yang diberikan penulis. Siapa sangka kalau ternyata kejadian 7 tahun lalu adalah hasil rekayasa seseorang dan seseorang itu bukanlah Luca. Naran baru mengetahuinya ketika managernya, Dani. Memberikan surat yang ternyata berasal dari Luca. Dani yang tidak tega melihat keadaan Naran yang sedih justru setelah balas dendam itu berhasil di tunaikan. Memberikan gadis itu kejutan yaitu dengan tampil di acara TV Korea, Strong Heart. Lalu Dani juga menghubungi salah seorang teman dekat Luca, bernama Okazaki Jin, untuk menjelaskan sejelas-jelasnya perihal kejadian 7 tahun lalu. Jin menjelaskan kalau yang menghancurkan Lukisan Nana 7 tahun lalu bukanlan Luca melainkan Kenzo. Memang pada awalnya mereka berdua (Luca dan Kenzo) bersepakat untuk menghancurkan lukisan Nana, dan sebelumnya juga bersiasat untuk menghancurkan prestasi Nana dengan cara membuat Nana jatuh cinta. Namun, tanpa disadarinya perasaan cinta itu akhirnya bener-benar ada. Makanya, Luca memutuskan untuk membatalkan niat buruknya terhadap Nana. Tapi, Kenzo tetap berniat melaksanakan niat jahat itu dengan cara meminta Rieko, teman dekat Luca. yang juga ternyata mencintai Luca. Yang diam-diam punya niat sama untuk menghancurkan Nana. Namun, Luca tidak menau tentang rencana itu.

Tapi, setelah semua kebenaran diketahui oleh Naran. Luca menghilang. Dia tidak bias menemukan keberadaan Luca bahkan untuk sekedar meminta maaf dan menyatakan perasaan yang ada dalam hatinya untuk lelaki itu. Naran mencoba menghubungi ke semua teman-teman Luca namun, tidak ada yang tahu keberadaannya. Dan penyesalan pasti selalu datang terlambat

“Suatu malam aku menyadari bahwa aku tidak bisa hidup tanpamu.
Saat aku menyadari hal itu, kau tiba-tiba menghilang”

Saya rasa hanya satu kalimat untuk mengungkapkan kesan setelah membaca novel ini :

Andry Setiawan berhasil memainkan emosi pembaca dengan karya novelnya. Menghanyutkan…rasa marah, kesel, debar-debar cinta, hangat, sedih, sesal. Semua itu benar-benar kita bisa ikut merasakannya…so, baca aja kalau ngak percaya” :)


TAGS novel


-

Author

Search

Recent Post