Kerinduan from Bandung

5 May 2012

Beberapa kota besar Indonesia mempunyai sajian kuliner yang selalu gegap gempita. Bandung adalah salah satunya. Setiap kali datang ke Bandung, selalu ada tempat makan yang baru dibuka maupun yang baru ditemukan. Artinya, selalu ada alasan untuk datang ke Bandung. Selalu ada yang di rindukan dari kota kembang itu :)

Kunjungan terakhir ke Bandung menyingkap beberapa temuan yang bersifat kejutan manis. Bandung, euy!

Kejutan pertama saya temukan di Kantin Sakinah referensi dari seorang teman. Teman-teman langsung bersamaan berseru: Wah, ini kantin yang sakinah, warrohmah, mawardah. He he he, mungkin mereka ingat saat akad nikah dulu. Ini sebuah kantin tempat mangkal berbagai penjual makanan dan minuman, berlokasi di kaki Dago. Salah satu penjual di situ adalah Mang Aip yang menjajakan es duren.

e8bf526a505973be9334317c5bcab34f_blogbdg-es-buah-duren-1024x793

Beberapa butir duren wungkul utuh dengan bijinya dari buah pilihan, ditempatkan di dalam mangkuk, topping-nya adalah serutan es dan susu kental manis coklat. Bagi penggemar duren, ini adalah puncak pengalaman menikmati es duren. Durennya legit dan benar-benar duren. Tak heran, Mang Aip sudah punya jam terbang 20 tahun berjualan es duren.

Jangan pula khawatir! Mang Aip berjualan es duren sepanjang tahun. Ia berburu duren ke mana-mana, agar setiap saat dapat menyajikan duren yang terbaik. Minggu lalu, Mang Aip menyajikan duren dari Tebingtinggi di Sumatra Utara. Duh, jauh amat! Maklum, di sekitar Jawa Barat belum musim duren ketika itu.

Saya memesan es buah duren maksudnya: es buah ditambah duren yang ternyata sangat mengesankan. Es buahnya cakep. Isinya: alpukat mentega nan lembut, kelapa muda yang nyakrek, kuweni yang harum, dan sekoteng alias pacar cina bin mutiara. Di atasnya ditambahkan tiga butir duren. Ampun, dah! Ini benar-benar es buah duren juara dunia. Hidup, Mang Aip!


TAGS KULINER BANDUNG


-

Author

Search

Recent Post